Ibu Rumah Tangga Adalah Profesi “Terberat” Dibanding Pekerjaan Lainnya

1
101

Ibu rumah tangga adalah profesi yang mulia namun kerap dipandang sebelah mata. Padahal, menjadi ibu rumah tangga butuh kesabaran dan perjuangan yang luar biasa.

Menjadi ibu rumah tangga merupakan sebenar-benarnya profesi penuh waktu. Menurut riset, tugas ibu rumah tangga memerlukan waktu setidaknya 98 jam kerja seminggu. Ini 2,5 kali lipat lebih besar dari profesi lainnya.

Temuan tersebut didapatkan dari hasil survei terhadap 2000 ibu rumah tangga di Amerika yang memiliki anak-anak berusia 5 sampai 12 tahun. Survei tersebut juga menunjukan bahwa biasanya para ibu rumah tangga bekerja mulai pukul 06.23 pagi hingga pukul 8.31 malam setiap harinya. Jumlah jam kerja tersebut lebih panjang 14 jam daripada profesi lainnya.

Dilansir dari website The Independent, riset ini dilakukan oleh sebuah perusahaan jus yang bernama Welch’s dari Amerika. Periset juga menemukan bahwa rata-rata para ibu rumah tangga hanya memiliki 1 jam 7 menit untuk dirinya sendiri setiap harinya.

Riset mengungkapkan bahwa 40 persen ibu merasa hidupnya didominasi oleh hal yang tidak pernah berakhir. Menurut Casey Lewis selaku pemimpin kesehatan dan gizi di Welch’s, hasil survei itu menyoroti bahwa permintaan peran dan tugas para ibu tak pernah ada hentinya.

“Ibu rumah tangga bukan hanya memiliki beban kerja yang ketat tapi juga kebutuhan konstan untuk memberi makan keluarga, minggu demi minggu,” ucapnya.

Ketika diminta menyebutkan barang-barang yang mereka andalkan untuk meringankan tugas, para ibu dalam riset tersebut berkata bahwa persediaan kopi dan tidur siang yang konstan adalah hal yang bisa membuat tugas mereka terasa ringan.

Selain itu, menonton film, tisu basah, mainan dan iPads adalah ‘penolong’ lain yang bisa membuat tugas mereka terasa ringan.

Ini bukan penelitian pertama yang mengungkapkan sejauh mana beratnya tugas para ibu. Sebuah riset tahun 2013 yang dilakukan oleh ahli optik Jul_Eye menemukan bahwa daftar tugas ibu rata-rata terdiri dari 26 tugas yang mencakup mengorganisir makanan ringan, membuat sarapan, membersihkan rumah, hingga mengingat tanggal-tanggal penting.

Maka menjadi seorang ibu bukan hanya pekerjaan terhebat di dunia, tetapi barangkali juga yang terberat.

Setuju ?

– kompas –